Pengertian, Unsur dan Jenis-jenis Komunikasi

Pengertian, Unsur dan Jenis-jenis Komunikasi
Selasa, 25 Agustus 2020
umum
Pengertian, Unsur dan Jenis-jenis Komunikasi

Komunikasi merupakan sesuatu yang kita lakukan setiap hari. Baik bersama teman, keluarga, pacar, hingga mantan pun tak luput dari kegiatan yang bernama komunikasi itu. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu komunikasi, seberapa penting komunikasi, unsur-unsur komunikasi dan tipe-tipe dari komunikasi itu sendiri.



Apa itu Komunikasi?

Komunikasi dapat diartikan sebagai suatu proses pertukaran informasi antara dua orang atau lebih yang melibatkan beberapa cara yaitu dengan simbol, tanda, maupun kebiasaan. Apa yang dimaksud simbol, tanda, dan kebiasaan disini?

  • Simbol berarti huruf, tanda baca, kata-kata. Jadi pada dasarnya komunikasi dengan simbol berarti menggunakan kata-kata
  • Tanda berarti dengan menggunakan gambar. Pernahkah kamu melihat rambu lalu lintas huruf P dicoret? itu merupakan contoh dari komunikasi menggunakan tanda. Dengan melihat rambu itu, kita sudah mengerti bahwa dilarang untuk parkir, tanpa memerlukan penjelasan tambahan lainnya.
  • Kebiasaan, berarti semua sikap dan gaya tubuh kita. Komunikasi merupakan hal yang simpel dan rumit secara bersamaan. Kamu bisa mengetahui apakah orang tersebut benar-benar ingin berbicara denganmu atau tidak hanya melalui gaya tubuhnya.

Nah setelah kita membahas mengenai apa itu komunikasi, sekarang mari kita bahas mengenai unsur-unsurnya.

Unsur-unsur Komunikasi

Didalam komunikasi sendiri terdapat beberapa unsur-unsur yang membentuknya, yaitu

  • Komunikator, yaitu orang yang memberikan informasi. Komunikator bisa juga disebut sebagai speaker
  • Komunikan, yaitu orang yang menerima informasi tersebut. Komunikan juga bisa disebut sebagai audience.
  • Media, yaitu alat atau cara untuk menyampaikan komunikasi.

Jenis-jenis Komunikasi

Komunikasi Verbal

Komunikasi verbal adalah komunikasi yang menggunakan kata-kata, huruf, simbol dan nomor dalam penyampaian informasinya. Contohnya adalah komunikasi kita sehari-hari bersama teman, komunikasi saat kita sedang rapat, dan ketika berbicara di depan umum. Komunikasi verbal sendiri juga disertai dengan tekanan dan nada pada kata-kata, karena kedua hal itu akan sangat berpengaruh pada maksud dari informasi yang kita paparkan. Contohnya adalah sebagai berikut:

Pintu sudah ditutup.
Pintu sudah ditutup?
Kedua kata tersebut akan berbeda artinya jika kita memberikan penekanan yang benar sesuai dengan tanda baca.

Komunikasi Non Verbal

Komunikasi non Verbal adalah komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata langsung melainkan menggunakan gerak tubuh seperti:

  1. Ekspresi wajah
  2. Kontak mata
  3. Gestur badan

Komunikasi Langsung

Komunikasi Langsung adalah komunikasi dimana komunikan dan komunikator sedang berhadapan langsung, contohnya adalah ketika kita melakukan interview, melakukan obrolan dengan teman.

Komunikasi Tidak Langsung

Komunikasi Tidak Langsung adalah komunikasi yang menggunakan media untuk menyampaikan informasi dari komunikator ke komunikan. Jadi komunikator dan komunikan tidak bertatap wajah secara langsung. Contohnya adalah melalui SMS, E-mail, Panggilan suara dan lainnya.

Seberapa penting komunikasi?

Komunikasi seperti halnya kamu dalam kita, sangat penting. Komunikasi menjadi sangat penting karena komunikasi adalah media untuk menyampaikan informasi atau suatu perasaan sehingga kita dapat merespon tindakan orang lain dan menghindari kesalahpahaman.

Sekian artikel saya kali ini mengenai komunikasi. Jika berkenan dan merasa konten ini bermanfaat silahkan share ke teman-teman kalian. Terima kasih!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel