Room Discrepancies di Hotel - Penjelasan dan Contohnya

Room Discrepancies di Hotel - Penjelasan dan Contohnya
Kamis, 27 Agustus 2020
Housekeeping
Room Discrepancies di Hotel - Penjelasan dan Contohnya
room discrepancies room discrepancy
Hai teman-teman, pada artikel kali ini kita akan membahas sedikit mengenai Room Discrepancies. Room discrepancies merupakan istilah yang ada di dunia hotel dan sangat penting untuk diketahui oleh seorang hotelier, terutama mereka yang bekerja di Front Office dan Housekeeping.

Room Discrepancies merupakan perbedaan data kamar yang ada pada data di Front Office Department dengan Housekeeping Department. Perbedaan ini bisa mencakup :
  1. Status kamar
  2. Perbedaan status kamar disini terjadi ketika pada data status kamar yang diberikan oleh Front Office department berbeda dengan apa yang dilihat langsung oleh Housekeeping. Contohnya di data Front Office kamar nomor 1409 statusnya adalah Vaccant Clean, nah ketika housekeeping mengecek kamar tersebut ternyata kamar tersebut berisi tamu atau Occupied Dirty. 
  3. Jumlah tamu yang menginap
  4. Biasanya ini sering terjadi di hotel. Dalam data reservasi tamu, jumlah tamu yang akan menginap hanya 2 orang. Tetapi ketika sudah sampai di hotel dan menempati kamar, housekeeping menemukan bahwa yang menginap adalah 3 orang. Ini sangat perlu diperhatikan dan ditindak lanjuti, karena disebagian hotel max of person yang menginap hanya 2 orang saja, dan jika lebih dari itu maka akan dikenakan biaya tambahan.

Biasanya seorang Head Department Front Office dan Housekeeping akan membuat yang namanya Discrepancies Report, yang akan menjadi acuan dalam satu bulan ada berapa room discrepancies. Ini akan digunakan untuk meminimalisir terjadinya room discrepancies di bulan selanjutnya.

Oke sekian artikel mengenai Room Discrepancies, semoga bermanfaat dan menambah wawasan kamu. Jangan lupa upvote, share dan tinggalkan komentar jika berkenan agar kami selalu semangat dalam memberikan artikel-artikel menarik lainnya. Thanks!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel