Struktur Organisasi Hotel dan Penjelasannya

Struktur Organisasi Hotel dan Penjelasannya
Rabu, 26 Agustus 2020
Akomodasi Perhotelan
Struktur Organisasi Hotel dan Penjelasannya
Struktur Organisasi Hotel dan Penjelasannya
Hai teman-teman, jika sebelumnya kita sudah membahas mengenai Pengertian Hotel, kali ini kita akan membahas mengenai struktur organisasi di hotel.
Perlu diingat bahwa struktur yang saya bahas dan tampilkan disini adalah salah satu contoh saja. Karena sebenarnya struktur suatu hotel akan sangat tergantung pada besar kecilnya hotel tersebut. Semakin besar hotelnya makan semakin besar pula strukturnya, begitu juga sebaliknya.

Struktur Organisasi Hotel


Penjelasan mengenai struktur.

  1. General Manager
  2. General manager merupakan pimpinan utama dari suatu hotel. General manager bertugas menjalankan, mengatur dan mengawasi seluruh kegiatan operasional yang ada di hotel. Selain itu general manager juga akan menerima laporan dari seluruh department yang ada di hotel untuk di cek dan dievaluasi pada waktu tertentu.

  3. Executive Secretary
  4. Executive secretary merupakan sekertaris dari general manager yang bertugas dalam segala hal yang menyangkut mengenai administrasi hotel. Contohnya adalah membuat laporan mengenai hasil rapat, membuat agenda kegiatan general manager dan membuat laporan hasil kegiatan yang nanti akan diberikan langsung ke General manager untuk diperiksa.

  5. Room Division
  6. Room Division adalah divisi yang mengurusi tentang rooms/kamar yang ada di hotel. Room division terdiri dari Housekeeping, Front Office, dan Security Department. Room division memiliki tanggung jawab mengenai segala hal yang menyangkut tentang kamar, mulai dari melakukan check in(Front Office), membersihkan kamar(Housekeeping), dan menjaga keamanan tamu beserta barang yang ada di kamar(Security).

    Room division sendiri biasanya dipimpin oleh seorang Director of Rooms. Seorang director of rooms memiliki tanggung jawab mengawasi seluruh kegiatan di room division agar berjalan dengan lancar dan tamu merasa senang.

  7. Accounting/Finance Department
  8. Accounting department adalah department yang ada di hotel yang bertugas mengenai keuangan yang ada di hotel, baik itu pengeluaran maupun pemasukan. Accounting bertugas mencatat dan membuat laporan mengenai pengeluaran dan pemasukan yang terjadi di hotel dan akan diserahkan ke General manager. Accounting biasanya dipimpin oleh seorang Chief Accounting atau Finance Manager.

  9. Sales and Marekting Department
  10. Sales and Marketing department adalah department yang bertugas dalam hal pemasaran seluruh fasilitas yang ada di hotel, baik itu kamar dan fasilitas lain seperti restaurant dan bar. Sales and marketing department dipimpin oleh seorang Sales Manager.

  11. Human Resources Department
  12. Human Resources deptartment adalah department yang bertugas dan bertanggung jawab dalam hal sumber daya manusia yang ada di hotel, mulai dari perektrutan karyawan baru, membuat peraturan mengenai staff hotel dan memberikan apresiasi atau penghargaan pada karyawan yang berprestasi. Human resources department dipimpin oleh seorang Human Resources Manager.

  13. Food and Beverages Department
  14. Food and Beverages atau F&B Department adalah department yang bertugas dalam hal makanan dan minuman yang ada di hotel. Department ini terbagi menjadi dua sub besar yaitu Food and Beverages service dan Food and beverages Product. Food and Beverages department dipimpin oleh seorang  Food and Beverage Manager.

  15. Engineering Department
  16. Engineering department adalah departmen yang mengurusi mengenai pemeliharaan dan perawatan gedung beserta isinya dan perangkat elektronik yang ada di hotel. Department ini dipimpin oleh seorang Chief Engineering.

  17. Housekeeping Department
  18. Housekeeping atau tata graha adalah department yang bertugas dan bertanggung jawab atas kebersihan, keindahan, kerapian, kelengkapan, kesehatan dan pemeliharaan seluruh fasilitas dan wilayah hotel baik kamar tamu maupun area umum hotel seperti lobby, restaurant, koridor, dan lainnya. Department ini dipimpin oleh seorang Housekeeper.

  19. Front Office Department
  20. Front Office adalah kantor depan dari hotel, yang memiliki tugas dan tanggung jawab untuk memberikan informasi pada tamu, membantu tamu registrasi, check in hingga mengantar tamu ke kamar. Selain itu front office juga akan membantu tamu menyelesaikan pembayaran ketika check out atau akan meninggalkan hotel. Pimpinan dari dept ini adalah Front Office Manager.

  21. Security Department
  22. Security department merupakan department yang bertugas dan bertanggung jawab mengenai kemanan dan keselamatan seluruh area hotel, mulai dari memeriksa kendaraan yang masuk dan keluar hingga menangani masalah keamanan tertentu di hotel. Security department dipimpin oleh seorang Chief Security.

  23. Food and Beverages Service Department
  24. F&B service department adalah bagian dari food and beverage department yang bertemu dan berhadapan langsung dalam melayani tamu. Contohnya di bar, restaurant, banquet dan room service. Food and beverages service sendiri bertugas melayani tamu ketika mereka memesan hingga menyajikan makanan dan minuman pada food and beverages outlet yang ada di hotel. Department ini dipimpin oleh seorang Food and Beverage Service Manager.

  25. Food and Beverages Product/Kitchen Department
  26. F&B Product atau bisa disebut sebagai kitchen department adalah bagian dari food and beverages department yang khusus menangani pengolahan makanan dan minuman, dari bahan mentah menjadi siap saji bagi para tamu hotel. Department ini dipimpin oleh seorang Executive Chef.

Yap sekian dulu artikel mengenai struktur organisasi yang ada di hotel. Semoga bermanfaat, jangan lupa share jika berkenan, berikan upvote/love dan tinggalkan komentar agar kami semangat memberikan artikel-artikel baru setiap minggunya. Thanks!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel