Departemen-departemen yang ada di Hotel

Departemen-departemen yang ada di Hotel
Rabu, 26 Agustus 2020
Akomodasi Perhotelan
Departemen-departemen yang ada di Hotel

Setelah kita membahas mengenai pengertian Hotel pada artikel kemarin, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai departemen-departemen yang ada di Hotel itu sendiri. Pada dasarnya departemen yang ada di hotel ada 9, mari kita bahas satu per satu.

Front Office Department

Departemen-departemen yang ada di Hotel - Front Office

Front Office Department adalah salah satu departemen yang ada di hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab sebagai kantor depan pada hotel. Front office department merupakan pusat kegiatan dari hotel, pusat informasi. Pada Front office department juga para tamu mendapatkan pelayanan dari awal mereka datang ke hotel, melakukan registrasi dan check in, berangkat menuju ke kamar, selama tamu menginap, melayani pindah kamar jika tamu meminta hingga ketika tamu akan meninggalkan hotel dan melunasi bill mereka.

Oleh karena itu Front office sendiri bisa disebut sebagai first and last impression di hotel. Dan karena Front Office bertemu langsung dengan tamu, mereka juga dapat dikatakan sebagai ujung tombak dari hotel.

Housekeeping Department

Departemen-departemen yang ada di Hotel - Housekeeping

Housekeeping atau Tata Graha merupakan salah satu department yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas kebersihan, keindahan, kerapian, kelengkapan, kesehatan dan pemeliharaan seluruh fasilitas dan wilayah hotel baik kamar tamu maupun area umum hotel seperti lobby, restaurant, koridor, dan lainnya. Housekeeping juga bertugas membuat perencanaan pembersihan kamar tamu, seluruh kantor yang ada di hotel, lobby hotel, restaurant dan area umum lainnya, agar tamu merasa aman nyaman selama menginap di hotel.

Food and Beverages Service Department

Departemen-departemen yang ada di Hotel - Food and Beverage

Food and beverages merupakan layanan makan dan minum yang ada di hotel. Food and beverages service sendiri adalah bagian dari food and beverage department yang bertemu dan berhadapan langsung dalam melayani tamu. Contohnya di bar, restaurant, banquet dan room service. Food and beverages service sendiri bertugas melayani tamu ketika mereka memesan hingga menyajikan makanan dan minuman pada food and beverages outlet yang ada di hotel.

Food and Beverages Product/Kitchen Department

Departemen-departemen yang ada di Hotel - Food and Beverage

Food and beverages product atau sering disebut sebagai kitchen department merupakan bagian dari food and beverages department yang khusus menangani pengolahan makanan dan minuman, dari bahan mentah menjadi siap saji bagi para tamu hotel.

Sales and Marketing Department

Departemen-departemen yang ada di Hotel - Sales and Marketing

Sales and marketing department adalah salah satu department yang ada di hotel yang bertugas dalam hal pemasaran dan penjualan dalam sebuah hotel, baik kamar dan seluruh fasilitas hotel. Human relation, product knowledge dan privacy policy hotel adalah hal yang sangat penting bagi seorang Sales and Marketing dalam melaksanakan tugasnya. Komunikasi juga menjadi hal yang sangat penting dalam memasarkan dan mempresentasikan produk ke calon konsumen.

Accounting/Finance Department

Departemen-departemen yang ada di Hotel - Accounting

Accounting department adalah department yang bertugas mencatat dan mengawasi seluruh keuangan hotel, baik itu pengeluaran maupun pemasukan. Contohnya adalah melakukan pencatatan pembayaran yang tidak menggunakan cash, pembelian barang yang dibutuhkan oleh hotel dan lainnya.

Engineering Department

Departemen-departemen yang ada di Hotel - Engineering

Merupakan department yang ada di hotel yang bertugas melaksanakan perencanaan dan pemasangan gedung beserta alat-alat elektronik yang ada di hotel. Selain itu mereka juga bertugas mengecek dan merawat barang-barang elektronik juga kondisi gedung dan peralatan yang ada di hotel.

Human Resources Department

Departemen-departemen yang ada di Hotel - Human Resources

Human resources departemen adalah department yang ada di hotel yang memiliki tugas bertanggung jawab penuh terhadap pengembangan sumber daya manusia dalam sebuah hotel. Mulai dari persiapan perekrutan dan menyeleksi karyawan baru, mewawancara, menyiapkan kontrak kerja, hingga melakukan training terhadap karyawan agar dapat bekerja dengan maksimal dan sesuai dengan standar hotel.

Security Department

Departemen-departemen yang ada di Hotel - Security

Security departemen merupakan departemen yang bertugas menjaga keamanan area hotel, baik itu di lobby, melakukan check berkala di koridor dan area-area hotel lainnya. Security department juga bertugas mengecek seluruh tamu yang masuk dan keluar dari hotel. Selain tamu, mereka juga bertugas melakukan cek pada seluruh staff hotel saat memasuki dan meninggalkan area hotel.


Sekian penjelasan mengenai departemen yang ada di hotel, jika ada pertanyaan atau saran silahkan tulis di komentar di bawah. Semoga bermanfaat!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel