14 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli

14 Pengertian Ideologi Menurut Para Ahli
Jumat, 04 September 2020
PPKN

Istilah Ideologi berasal dari bahasa Yunani yaitu kata idea yang berarti gagasan, konsep, dasar, dan keinginan. Dan kata logos yang berarti ilmu. Oleh karena itu, secara harfiah ideologi adalah ilmu mengenai pengertian dasar atau ide, cita-cita, pandangan, atau paham tertentu. Ada pula beberapa ahli yang mengemukakan pendapat mereka tentang pengertian ideologi itu sendiri. Untuk kamu yang sedang mencari pengertian ideologi menurut para ahli, kamu bisa baca di bawah ini.

  1. Menurut KBBI
  2. Ideologi adalah kumpulan konsep bersistem yang dijadikan asas pendapat (kejadian) yang memberikan arah dan tujuan untuk kelangsungan hidup

  3. Alfian
  4. Pengertian ideologi adalah suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam tentang bagaimana cara yang sebaiknya, yaitu secara moral dianggap benar dan adil, mengatur tingkah laku bersama dalam berbagai segi kehidupan.

  5. Napoleon
  6. Pengertian ideologi menurut Napoleon adalah keseluruhan pemikiran politik dari rival-rivalnya.

  7. Muhammad Ismail
  8. Ideologi adalah pemikiran mendasar yang sama sekali tidak dibangun di atas pemikiran-pemikiran yang lain. Pemikiran mendasar ini merupakan akumulasi jawaban atas pertanyaan dari mana, untuk apa dan mau ke mana alam, manusia dan kehidupan ini yang dihubungkan dengan asal muasal penciptaannya dan kehidupan setelahnya.

  9. Soerjanto Poespowardoyo
  10. Arti ideologi adalah kompleks pengetahuan dan macam-macam nilai, yang secara universal menjadi landasan bagi seseorang atau juga masyarakat untuk dapat memahami jagat raya serta bumi seisinya dan juga menentukan sikap dasar untuk dapat mengolahnya.

  11. Nicollo Machiavelli
  12. Ideologi ialah pengetahuan mengenai cara menyembunyikan kepentingan, mendapatkan, serta mempertahankan kekuasaan dengan memanfaatkan konsepsi-konsepsi keagamaan dan tipu daya.

  13. Antonine Destut de Tracy
  14. Ideologi merupakan Ilmu mengenai gagasan atau ilmu perihal ide-ide. Ide yang sehat ialah yang sesuai dengan realita dan sejalan dengan logika akal bukan khayalan atau gagasan palsu.

  15. Karl Max
  16. Ideologi adalah kesadaran palsu, alasannya ialah ideologi merupakan hasil pemikiran tertentu yang diciptakan oleh para pemikir sesuai kepentingannya.

  17. Louis Althusser
  18. Ideologi merupakan aliran hidup, alasannya ialah setiap orang membutuhkan aliran hidup, baik sebagai individu maupun sebagai warga masyarakat.

  19. A.S, Hornby
  20. Ideologi merupakan seperangkat gagasan yang membentuk landasan teori ekonoi dan politik yang dipegang oleh seseorang atau kelompok orang.

  21. Gunawan Setiardja
  22. Ideologi adalah seperangkat inspirasi asasi perihal insan dan seluruh realitas yang dijadikan aliran dan keinginan hidup.

  23. Laboratorium IKIP Malang
  24. Ideologi ialah kumpulan nilai, ide, dan keinginan serta aliran dan metode dalam melakukan atau mewujudkannya.

  25. Dr.Alfian
  26. Ideologi merupakan suatu pandangan atau sistem nilai yang menyeluruh dan mendalam perihal bagaimana cara sebaiknya, yaitu secara budpekerti dianggap benar dan adil mengatur tingkah laris bersama dalam banyak sekali segi kehidupan.

  27. Encyclopedia International
  28. Ideologi adalah sistem gagasan dan keyakinan serta perilaku yang didasari oleh cara hidup dalam kelompok, kelas dan masyarakat tertentu.

Sekian artikel kali ini tentang pengertian ideologi menurut para ahli. Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan like, komentar dan share jika bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel