Berbagai Sistem Kalendar dan Penanggalan di Dunia

Berbagai Sistem Kalendar dan Penanggalan di Dunia
Kamis, 03 September 2020
umum
Sistem penanggalan atau kalendar merupakan hal yang sangat sentral bagi kehidupan manusia. Secara umum, kalender merupakan sistem pencatatan waktu dalam jangka panjang. Nah, ada beberapa sistem penanggalan yang berlaku di dunia, dan mari kita bahas satu per satu.

Kalender Masehi

Kalender masehi adalah sistem penanggalan yang paling umum berlaku di seluruh dunia. Kalender ini dibuat berdasarkan revolusi bumi terhadap matahari. Satu tahun dalam kalender ini terdiri atas 12 bulan yang masing-masing bulan terdiri atas 30 sampai 31 hari. Kecuali bulan februari yang hanya memiliki 28 hari, dan 29 hari jika itu adalah tahun kabisat. Jadi total terdapat 365 hari dalam 1 tahun masehi.

Kalender Hijriah

Kalender ini merupakan kalender bulan yang dibuat berdasarkan pergerakan bulan. Kalender ini digunakan oleh umat yang beragama Islam untuk menentukan tanggal puasa, lebaran, ibadah Haji dan lainnya. Kalender hijriah terdiri atas 12 bulan yang masing-masing terdiri dari 29/30 hari tiap bulannya. Sehingga satu tahun dalam kalender hijriah terdiri dari 354 atau 355 hari.

Kalender Tionghoa/Imlek

Kalender Tionghoa/Imlek dibentuk berdasarkan penggabungan kalender bulan dan kalender matahari. Dalam kalender ini, 1 tahun biasa memiliki 12 bulan, sedangkan tahun kabisat memiliki 13 bulan. Sementara itu, satu tahun biasa memiliki 353, 354, atau 355 hari, sedangkan tahun kabisat memiliki 383, 384, atau 385 hari. Kalender ini digunakan oleh orang-orang Tionghoa dan digunakan untuk menentuan jatuhnya hari Imlek.

Kalender Jawa

Kalender Jawa ialah sistem kalender yang memakai dua siklus hari, siklus mingguan yang terdiri atas 7 hari (Ahad sampai Sabtu) dan siklus pekan pancawara yang terdiri atas 5 hari pasaran, yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Penanggalan ini memiliki keistimewaan karena memadukan sistem penanggalan Islam, sistem Penanggalan Hindu, dan sedikit penanggalan Julian yang merupakan bagian budaya Barat.

Kalender Saka

Kalender Saka adalah sebuah kalender yang berasal dari India. Kalender ini merupakan sebuah penanggalan syamsiah-kamariah (candra-surya) atau kalender luni-solar. Era Saka dimulai pada tahun 78 Masehi. Kalender ini digunakan oleh umat Hindu dalam menentukan hari raya Nyepi. Sistem kalender ini memiliki 12 bulan dengan jumlah hari 30 atau 31 tiap bulan.

Sekian artikel kali ini mengenai berbagai sistem kalendar dan penanggalan yang ada di dunia, semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan jejak berupa like, komentar dan jika berkenan share ke teman-teman kamu. Thanks

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel