Handover Dalam Dunia Hospitality Perhotelan

Handover Dalam Dunia Hospitality Perhotelan
Sabtu, 03 Oktober 2020
Housekeeping
Handover Dalam Dunia Hospitality Perhotelan
Handover Dalam Dunia Hospitality Perhotelan

Blogrebahan.my.id - Hai teman-teman, buat kamu yang bekerja atau berkecimpung di dunia Hospitality atau di dunia Perhotelan, pasti tidak asing dengan yang namanya handover. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa itu Handover serta seberapa pentingnya Handover dalam sebuah pekerjaan.

Kita yang bekerja di dunia perhotelan pasti sudah paham bahwa kita bekerja dengan menggunakan shift, ini terjadi karena hotel buka 24 jam dalam sehari. Karena kita bekerja dengan menggunakan shift, itu berarti kita akan bekerja secara bergantian dengan rekan kerja shift berikutnya. Dan disinilah proses handover terjadi.

Apa itu Handover?

Proses handover atau bisa dibilang sebagai sesi briefing merupakan suatu kegiatan yang dilakukan sekitar 15 sampai 30 menit sebelum shift berakhir. Pada saat inilah terjadi penyerahan informasi-informasi penting dan perlu ditindaklanjuti dari shift sebelumnya ke shift berikutnya. Contohnya dari shift pagi ke shift siang.

Informasi penting ini dapat disampaikan secara langsung atau bisa menggunakan sebuah note/catatan yang bernama Reception Diary. Tetapi akan lebih baik untuk menyampaikannya secara langsung karena jika ada pertanyaan dari rekan shift berikutnya, dia bisa langsung bertanya pada kamu.

Contoh Handover

Kamu adalah seorang receptionist yang bekerja shift pagi pada hari ini. Ketika kamu bertugas, seorang tamu datang dan mengatakan kalau dia ingin memasang setup Honeymoon di kamarnya pada jam 6 sore nanti.

Karena kamu bekerja di shift pagi, maka kemungkinan besar kamu sudah pulang pada jam 6 sore tersebut. Oleh karena itulah pada sesi brefing dengan rekan kerja di shift sore, kamu melakukan handover ke rekan kamu yang bekerja di shift sore tersebut. Kamu memberikan informasi tentang tamu tadi yang ingin dipasang setup Honeymoon pada jam 6 sore.

Teman kamu yang shift sore akan menerima info tersebut dan memastikan ke Department Housekeeping agar setup sudah terpasang di kamar tamu tersebut.

Kenapa Handover Penting?

Handover merupakan hal yang sangat penting ketika kamu bekerja menggunakan shift. Dalam jeda waktu pada proses handover dapat kamu gunakan untuk mempersiapkan hal-hal yang perlu kamu siapkan sesuai dengan pekerjaan kamu. Selain itu, handover juga bermanfaat untuk meminimalisir ketidaksiapan dan ketidaktahuan rekan kerja shift berikutnya terhadap hal-hal penting yang harus ditindaklanjuti.

Handover sebenarnya memiliki tujuan yang simpel, memberikan pelayanan yang maksimal kepada tamu dan meminimalisir miskomunikasi antar rekan kerja. Jika pelayanan yang diberikan kepada tamu baik dan tepat waktu, maka complain akan berkurang dan rating hotel tempat kita bekerja akan semakin meningkat.


Itu tadi pembahasan mengenai Handover, semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan di komentar di bawah, jangan lupa share ke sosial media kamu, berikan like dan baca artikel lainnya dari kami.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel