Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Check In

Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Check In
Senin, 28 September 2020
Front Office
Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Check In
Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Check In

Hai teman-teman, pada artikel kali ini saya akan memberikan Sequence of Service Langkah-langkah Menangani Tamu Check In. Saya akan memberikan tahapan kerja secara berurutan, untuk kamu yang ingin mencari contoh percakapannya kamu bisa mampir ke Dialog Percakapan Bellboy Mengantar Tamu ke Kamar Bahasa Inggris. Yuk langsung saja ke langkah-langkahnya!


Department/Section : Front Office/Bell Service
Perlengkapan : Luggage tag, trolley
Tahapan kerja :
  1. Menerima info dari receptionist dengan mencatat nomor luggage tag tamu yang akan check in.
  2. Mengambil barang yang sesuai dengan luggage tag di luggage store. Jika barang lebih dari 1 koper, maka kita perlu menggunakan trolley.
  3. Pastikan barang sudah lengkap dan disusun dengan benar. Bawa barang naik dan hampiri tamu yang berada di depan receptionist.
  4. Tanyakan kepada receptionist, apakah tamu include breakfast atau tidak, serta tanyakan pula no kamar tamu ke receptionist. Jika sudah, sapa tamu dengan mengatakan: “Excuse me, my name is Aditya, I’am the bellboy will escort you to your room. Are you ready going to your room now sir/madam?”
  5. Jika tamu sudah siap, konfirmasi kembali tentang jumlah barang. Pastikan semuanya sudah lengkap.
  6. Mulai perjalanan menuju ke kamar. Selama perjalanan menuju kamar, jelaskan tentang fasilitas hotel kepada tamu. Ajaklah tamu melakukan small talk agar suasana cair dan tamu tidak bosan.
  7. Jika sudah sampai di depan kamar tamu, persilahkan tamu untuk masuk terlebih dahulu. Jika perlu, kita yang membukakan pintu.
  8. Masukkan barang-barang tamu ke kamar. Tanyakan apakah barang tamu ingin diletakkan di luar atau langsung diletakkan di dalam lemari.
  9. Jika semua barang sudah masuk ke kamar tamu, tawarkan tentang penjelasan mengenai fasilitas kamar hotel. Jika tamu mengijinkan, mulai menjelaskan fasilitas kamar. Dari DND switch, minibar, balcony hingga shower.
  10. Jika semua sudah dijelaskan, tanyakan apakah ada yang ingin ditanyakan oleh tamu.
  11. Jika tidak, tutup dengan menjelaskan no telepon operator/communication center seperti: “If you need any assistance or anything, just dial 0 from the phone and our operator will be happy to assist you.”
  12. Setelah itu berikan closing yang manis pada tamu. Contohnya “My name is Aditya as bell team, if you need anything else, just let me know. Have a wonderful stay with us. Good Evening”
  13. Keluar dan tutup pintu kamar dengan sopan.
  14. Setelah kembali ke bell desk, catat kegiatan tadi pada bellboy errand sheet.
  15. Jika ada request dari tamu ketika menjelaskan tentang fasilitas kamar, segera tindak lanjuti.

Itu tadi sequence of service atau tahapan kerja dalam menangani tamu check in oleh bellboy. Semoga bermanfaat, jangan lupa tinggalkan like dan share ke sosial media atau temanmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel